My dear (2)

060310 – 06.30 – Muara Angke

My dear,

Wish you were here. Berulang kali mantra itu kuucapkan di hatiku. Aku tahu ini konyol. Tak mungkin kamu berada di sini. Di dermaga ini untuk berlabuh ke Kep. Seribu.

Setengah jam lagi kapal motor yang penuh penumpang dan fish boxes dan kendaraan roda dua ini akan melaju. Setelah melewati pasar ikan yang baunya sangat menyengat itu, akhirnya aku ada di bagian atas kapal ini. Di sampingku, seorang bapak, sudah siap bercerita tentang ragam kepulauan ini.

Entah aku mau bersyukur atau apa karena ditemaninya. Kamu tahu aku, tidak begitu suka berbincang dalam perjalanan. Aku lebih menikmati perjalanan yang sepi dan tanpa banyak kata. Di benakku, segala pemandangan ini cukup menjelaskan agung-Nya karya Tuhan. Untuk menikmatinya, aku tak perlu ditemani kata. Cukup aku dan pemandangan ini.

Ada yang menarik ketika aku harus disengat segala jenis bau di pasar tadi. Tiba-tiba aku membuat analogi pasar tadi seperti dosa. Ya, dosa. Layaknya dosa yang bau dan tidak sehat, pasar itu juga begitu. Aku bisa mual saat melewati pasar itu, walau tidak sampai 10 menit. Tapi orang-orang di pasar itu seperti sama sekali tidak terganggu lagi dengan bau-bauan di pasar itu. Mereka malah aneh melihatku menutup hidung dan mulut seperti tidak mau bernafas lagi.

Bukankah dosa juga begitu? Awalnya, kita enggan bahkan untuk menghirup aroma dosa. Namun ketika sudah terbiasa, kita menjadi tidak sadar lagi bahwa dosa hanya membuat jiwa kita, roh kita sakit. Semoga kita terus berjuang dari kenyamanan aroma dosa yang saat ini kita gumulkan. Kamu mengerti kan, maksudku?

Ah, akhirnya mesin kapal ini menyala. Kapten siap membawa kapal ini ke beberapa pulau di Seribu. I feel the exicetement. I’m going to Pramuka Island, my dear. Dan mantra itu terus kuucap dalam hati. Sia-siakah, my dear?

Tinggalkan Balasan

