Diajarin Menulis (1)

Write, baby, write

Menjadi mahasiswa Jurnalistik tidak lantas bikin saya bisa menulis dengan bagus. Apalagi menulis dengan pintar. Saya bikin blog juga bukan karena saya merasa saya bisa menulis dengan bagus (dan) pintar. Saya menulis karena saya butuh menulis. Itu saja. Jujur, menulis seringnya bikin stres. Apalagi kalau sedang tidak mood atau banyak yang mengalihkan perhatian, jadi seperti tak ada inspirasi. Tapi, kalau tidak menulis, saya bisa lebih stres.

Mungkin itulah yang mendorong saya tertarik mengikuti kelas menulis bersama Samuel Tumanggor. Doski ini penulis yang punya kerinduan untuk jadi berkat bagi bangsa melalui tulisannya. “Demi Allah dan Demi indonesia” dan “Orang Nasrani Pandu Bangsamu”, serta “Memandu Bangsa” merupakan karyanya yang sudah terkenal di kalangan saya, sampai saat ini belum kesampaian saya baca.😀

Pertemuan pertama kelas menulis itu saya deg-degan sekali. Dan rada minder, karena kemampuan menulis saya ya cuma segini ini, pas-pasan. Tapi, saya datang ke kelas itu dengan pikiran: “Ya kalau udah jago mah gw ga di sini. Gw udah nerbitin buku kalo kemampuan menulis gw udah di level atas.”

Di pertemuan pertama, -yang disebut Prasesi, kami hanya diajari hal teknis dalam menulis. Bang Sam ajarkan beberapa acuan untuk membuat kalimat efektif dan logis. Tidak begitu sulit, pikir saya pada awalnya. Sebab, saya cinta bahasa Indonesia dan hal-hal yang diajarkan sudah pernah saya pelajari. Tapi, saya tetap saja membuat beberapa, umm, bukan kesalahan sih, tapi ada beberapa hal (yang menurut doski) kurang tepat.

Oh iya, selain saya, ada enam orang yang jadi peserta di kelas ini. Dua di antaranya sudah pernah ikut kelas menulis ini. Tapi karena pernah bolos, jadi tidak lulus (hehe..). Nah, kalau kata Bang Sam sih, sekali saja tidak ikut kelas karena alasan apapun akan dinyatakan tidak lulus. Telat hadir di kelas atau sakit sekalipun tidak jadi alasan (*lirik Roni si ketua kelas*).

Jadi semuanya, doakan saya supaya tidak telat datang ke kelas menulis ini ya. Sayang aja kan, gagal di kelas cuma gara-gara gak bisa bangun pagi dan akhirnya telat tiba di Lamping 2B. Mari belajar menulis!🙂

Sumber foto >> ini loh!

Tinggalkan Balasan

