Dear Money…

Salam hangat, pemirsah!

Mumpung masih tanggal segini, saya dan segenap kru Hati dan Logika (yang cuma saya seorang, d’oh!) mengucapkan Selamat Tahun Baru 2012!
Tahun baru (seharusnya) semangat baru, harapan baru, teman baru, pacar baru, dan semakin banyak muncul ide-ide baru yang cemerlang dan bombastis. Ceileh!

Kalau bagi saya, selain kebaruan di atas, tahun baru kali ini juga berarti pekerjaan baru. *tepuk tangan meriah* Oke, gak baru juga sih. Soalnya selama empat tahun belakangan, kerjaan yang sekarang ini sudah akrab sekali dalam kehidupan saya. Ya, benar sekali, saya (kembali) jadi wartawan. Namun, untuk membangkitkan rasa kepo penasaran pemirsah, saya tidak mengungkapkan media tempat saya bekerja saat ini.

Nah, yang menarik dari kantor yang sekarang adalah, tiap hari saya selalu diperhadapkan pada satu pertanyaan krusial. #cieelebay Tiap mau ke kantor redaksi yang berada di lantai dua, saya tidak bisa tidak bertemu dengan satu poster berbingkai yang berisi satu kalimat tanya, “Can Money Buy Everything?

Setiap kali ditanya begitu sama sang poster, saya tak banyak pikir, langsung saja menjawab, “Ya, nggak dong, post!” Bagaimana bisa dengan uang kita membeli semua hal? Semua hal yang kita butuhkan atau tidak. Semua hal yang kita inginkan atau tidak inginkan. Semua hal yang perlu bagi kita atau tidak perlu. Semua hal yang menyenangkan kita atau malahan tidak menyenangkan. Semua hal yang bisa membahagiakan orang lain atau malah menyengsarakan. Semua hal itu tidak bisa dibeli dengan uang.

Tapi percakapan (imajiner) saya dengan si poster tidak lantas berhenti di situ. Si poster bikin saya merenung ketika dia melancarkan peluru-peluru pertanyaan yang ditembakkan ke relung pikiran saya. Kalau uang tak bisa membeli segalanya, lantas kenapa sempat ragu mau kasih persembahan atau persepuluhan untuk pelayanan Allah? Kalau uang memang tak bisa membeli semua hal, kenapa juga tidak langsung kasih pinjaman pada teman yang membutuhkan? Kalau uang tak kuasa membeli semua hal, kenapa tidak menawarkan bantuan uang pada mereka yang datang kepadamu dengan masalah finansial?

Dear Money, all I want you to buy is just... everything!

Atau mungkin saya belum bisa mempertanggungjawabkan jawaban saya kepada diri saya sendiri (dan poster besar itu)?

Tinggalkan Balasan

